oleh

3 Cara Mengatasi Portal LTMPT Error Versi Siswa di SNMPTN 2022

News.schmu.id, Pendidikan : 3 Cara Atasi Portal LTMPT Error Versi Siswa di SNMPTN 2022. Menjelang penutupan registrasi akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) pada 15 Februari 2022 mendatang, sejumlah siswa mencoba menyiasati portal LTMPT yang error. Harapannya, ia dapat menyelesaikan pembuatan akun LTMPT dan pengisian data secepatnya sebelum situs kembali tidak dapat diakses. Bagaimana cara mengatasi portal LTMPT error?

Portal LTMPT error sejak dibuka untuk registrasi akun LTMPT siswa pada Senin (10/1/2022). Akun LTMPT merupakan akun yang diperlukan siswa dalam pendaftaran mendaftar SNMPTN 2022 dan UTBK-SBMPTN. Khusus SBMPTN, jadwal pembuatan akun LTMPT dibuka mulai 14 Februari-17 Maret 2022.

Cara Atasi Portal LTMPT Error

1. Registrasi Dini Hari

Ade Irma, siswa SMAN 1 Mojosari, Mojokerto, Jawa Timur mencoba membuat akun LTMPT sejak Rabu, (12/1/2022). Irma berhasil registrasi pada Jumat (14/1/2022) pukul 03.26 WIB. Ia menjelaskan, dirinya berupaya daftar akun LTMPT di jam sepi sekitar pukul 1-3 dini hari.

“Aku nyoba registrasi setiap hari dari hari Rabu sampai Jumat. Jadi perjuanganku 3 hari buat registrasi,” kata Irma saat dihubungi detikEdu, Jumat (14/1/2022). “Spam berkali-kali, registrasinya di jam-jam sepi kayak di atas jam 1-3 pagi, jangan lupa berdoa dulu minta kelancaran dan kemudahan,” imbuhnya.

Baca Juga: Ini Ketentuan Foto Akun LTMPT 2022, Jangan Sampai Salah

Siswa yang berencana mendaftar di prodi Akuntansi Universitas Negeri Malang ini ini menuturkan, ia semula terkendala saat hendak memasukkan data NISN, NPSN, dan tanggal lahir. Selain itu, saat portal LTMPT error, sambungnya, muncul notifikasi ‘Terjadi masalah API Pusdatin’ dan ‘Mohon maaf antrian penuh.’

2. Daftar di Jam Sekolah dan Ibadah

Valkyrie, siswa SMA di Semarang menjajal cara mengatasi portal LTMPT error dengan mendaftar di jam sekolah dan ibadah umumnya. Diketahui, jam sekolah dan ibadah biasanya memang dipergunakan siswa untuk belajar dan beribadah.

Selain itu, Siswa yang berencana masuk prodi Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM) ini menuturkan, dirinya daftar akun LTMPT mulai Jumat (14/1/2022). Ia menjelaskan, dirinya terkendala di tahap verifikasi-validasi (verval) kendati mulus membuat akun LTMPT. “Alhamdulillah langsung bisa. Tapi pas udah verval error mulu,” katanya pada detikEdu, Jumat (14/1/2022).

3. Pantau Web Berkala dalam Satu Hari

Farah, siswa SMA di Yogyakarta menyiasati portal LTMPT error dengan cara memantau berkala situs tersebut. Siswa yang berencana masuk prodi Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ini menuturkan, ia sudah mulai mencoba daftar akun LTMPT sejak Rabu (12/1/2022).

“Sudah mencoba dari pulang sekolah, ya setiap hari. Saya kemarin terus pantau web jam berapa aja, entah itu subuh, istirahat sekolah, pulang sekolah, malam atau tengah malem, sesempatnya aja. Tapi kemarin saya bisa sekitar jam 5 sore verifikasi emailnya. Kalo yang verifikasi data diri masih error,” tuturnya pada detikEdu, Jumat (14/1/2022).

Baca Juga: 4 Jurusan Kedokteran Terketat di SNMPTN, Bisa Jadi Referensi 2022

Farah mengatakan, di samping portal LTMPT yang butuh waktu loading lama, ia juga terkendala saat verifikasi email dan verifikasi data diri. “Terus muncul notif ‘terjadi masalah API’ atau ‘antrian penuh’, sedangkan untuk yang verifikasi data diri ‘server error’. Semoga nanti engga error lagi webnya,” kata Farah.

Selain itu, para siswa menambahkan, mereka berharap dirinya berharap portal LTMPT tidak lagi error dan down. “Kalau bisa tahun depan lebih upgrade lagi, ini menyangkut masa depan orang banyak jadi harus lebih baik lagi ke depannya,” kata Irma.

Nah, itu dia cara mengatasi portal LTMPT error versi siswa. Semoga lulus SNMPTN 2022.

Source: detik.com

Komentar

News Feed