Menu
Portal Berita Pendidikan Indonesia

100 Kader Pesilat Tapak Suci SMP Muven Dilantik

  • Bagikan
100 Kader Pesilat Tapak Suci SMP Muven Dilantik

SURABAYA, News Schmu – “Selamat atas dilantiknya kader pesilat tapak suci siswa SMP Muhammadiyah 11 Surabaya, tetaplah menjadi ksatria dimanapun berada menjadi pendekar yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar”.

Demikian pesan Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Krembangan Surabaya, Sutikno, S.Sos. pada pelantikan kader pesilat tapak suci cabang 057 SMP Muhammadiyah 11 Surabaya atau yang lebih dikenal SMP Muven, Ahad (2/10/2022).

Ketua Pimpinan Cabang Tapak Suci Krembangan Surabaya, Zulfikar, SH. menjelaskan, pada hari Ahad, 2 Oktober 2022 dilaksanakan pelantikan siswa dasar atau sabuk kuning.

“Pelantikan tersebut diikuti oleh 100 siswa kelas 7 SMP Muhammadiyah 11 Surabaya dengan tujuan untuk mencetak kader Tapak Suci Putera Muhammadiyah yang berprestasi, berakhlak mulia, dan selalu bersyukur”, terang Zulfikar.

Sementara itu, Kepala SMP Muhammadiyah 11 Surabaya, Arief Himawan, M.Pd. menambahkan, kaderisasi Tapak Suci sejak dini sangat diperlukan agar lebih bersemangat dalam berlatih untuk menjadi generasi berprestasi dan dapat membela diri ketika hidup di masyarakat.

Sekedar diketahui, Perguruan Seni Beladiri Indonesia Tapak Suci Putera Muhammadiyah atau disingkat Tapak Suci, adalah sebuah aliran, perguruan, dan organisasi pencak silat yang merupakan anggota IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia).

Tapak Suci termasuk dalam 10 Perguruan Historis IPSI, yaitu perguruan yang menunjang tumbuh dan berkembangnya IPSI sebagai organisasi.

Tapak Suci berasas Islam, bersumber pada Al Qur’an dan As-Sunnah, berjiwa persaudaraan, berada di bawah naungan Persyarikatan Muhammadiyah sebagai organisasi otonom yang ke-11.

Tapak Suci berdiri pada tanggal 10 Rabiul Awal 1383H, atau bertepatan dengan tanggal 31 Juli 1963 di Kauman, Yogyakarta. Tapak Suci memiliki motto “Dengan Iman dan Akhlak saya menjadi kuat, tanpa Iman dan Akhlak saya menjadi lemah”.

Organisasi Tapak Suci berkiprah sebagai organisasi pencak silat, berinduk kepada Ikatan Pencak Silat Indonesia, dan dalam bidang dakwah pergerakan Tapak Suci merupakan pencetak kader dari Muhammadiyah.

Pimpinan Pusat Tapak Suci Putera Muhammadiyah berkedudukan di Kauman, Yogyakarta, dan memiliki kantor perwakilan di ibu kota negara. (Yuda Panuluh).

Source link

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan